SEMINAR AKADEMIS PEMBERANTASAN KORUPSI

Pemberantasan Korupsi : Patah Tumbuh Hilang Berganti, Mati Satu Tumbuh seribu”

FISIPOL – UNRIKA. Untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 09 Desember 2011, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan Seminar Akademis yang mengambil tema Pemberantasan Korupsi : Patah Tumbuh Hilang Berganti, Mati Satu Tumbuh seribu”, menurut Ketua Panitia Seminar, Yustinus Farid S.S.IP.,MPA yang juga merupakan Ka. Prodi Ilmu Pemerintahan UNRIKA BATAM, tema ini diambil karena dilatarbelakangi oleh maraknya kasus-kasus korupsi yang semakin subur di Indonesia yang tidak hanya terjadi di pusat tetapi juga di tingkat daerah, tidak hanya di Instansi pemerintah namun juga di swasta. Pemberantasan korupsi merupakan isu yang paling penting, karena praktik korupsi telah menjadi masalah serius didalam tubuh pemerintahan maupun institusi lainnya.

Dekan FISIPOL, Meri Enita Puspita Sari S.IP., MPA juga menambahkan bahwa fenomena korupsi yang sering diperbincangan oleh masyarakat umum menjadi alasan kenapa seminar ini disebut dengan seminar akademis di karenakan pemahaman tentang korupsi yang masih berbeda-beda diantara masyarakat. Dilatarbelakangi hal tersebut, sehingga Program Studi Ilmu Pemerintahan mencoba untuk mengangkat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat terutama mahasiswa Ilmu pemerintahan FISIPOL UNRIKA. Seminar akademis ini diadakan dengan maksud agar mahasiswa mampu menganalisa fenomena korupsi dan dapat mengambil solusi dari setiap fenomena yang terjadi saat ini.

Adapun nara sumber dalam seminar ini adalah Hery Firmansyah SH.M.Hum.MPA yang merupakan Dosen Fakultas Hukum dan FISIPOL UGM yang membahas “Pemberantasan Korupsi di Negara Kleptokrasi : Fenomena dan Solusi” serta Ronald Hasibuan S,IP.,M.TQM yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIPOL UNRIKA yang membahas“Fakta-fakta korupsi yang terjadi di Indonesia”. Dua disiplin ilmu yang berbeda dari nara sumber menjadikan seminar ini begitu bermakna dalam pemahaman tentang pemberantasan korupsi bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan karena korupsi yang bergitu terkait dengan masalah hukum dan sering terjadi di instansi pemerintah sehingga menjawab semua pertanyaan yang dari “apa itu korupsi?” dan “Apa solusi dari fenomena korupsi saat ini”.

Seminar yang dihadiri oleh lebih kurang 80 peserta ini yang mayoritas dari mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan mampu memberikan nuansa yang berbeda bagi nara samber yaitu nuansa kritis mahasiswa. Nuansa jiwa muda anak bangsa dalam memerangi korupsi dan menggali terus wawasan kebenaran tentang korupsi.

Begitu banyak pembahasan yang terkait dengan fakta-fakta korupsi yang terjadi di Indonesia, program-program pemerintah dalam memberantas korupsi, serta penegakan hukum yang ideal sebagai solusi dari pemberantasan korupsi yang bijak. Kami berharap, seminar ini mampu memberikan pemahaman yang benar tentang korupsi dan hukum-hukum yang mengatur terhadap tindak korupsi sehingga ketika mahasiswa nanti nya terjun ke masyarakat mampu mencipatkan pemerintahan yang bersih demi tercapainya Good Governance.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.